MODIFIKASI EKSTERIOR MOBIL SECARA DIGITAL
Kali ini ane ingin berbagi sedikit ilmu yang berkaitan tentang burn tool (menggelapkan sebuah daerah), dan dodge tool (mencerahkan sebuah daerah) pada Photoshop CS3. Pada tutorial ini, kedua tool tersebut digunakan untuk menciptakan efek cahaya / bayangan pada permukaan gambar bitmap. yuk mari dimulai:
Kelinci percobaan ane kali ini adalah Nissan March.
berikut ini penampakan standarnya:
Spoilerfor SUMBER CAHAYA:
Yang harus diperhatikan pertama kali adalah sumber cahaya.
Pada gambar, sumber cahaya berasal dari sebelah kiri atas, sehingga bayangan tercipta di sebelah kanan bawah. Tidak hanya bayangan, anda juga harus memahami permukaan yang memantulkan cahaya. Pemahaman tentang arah sumber cahaya ini penting, karena jika ada penerapan arah cahaya yang berbeda, gambar akan terlihat aneh.
Tidak hanya bayangan, anda juga harus memahami permukaan yang memantulkan cahaya.
Kemudian bentuk fender yang anda inginkan. Pada tahap ini menuntut kemampuan anda untuk membayangkan bentuk benda, dalam hal ini fender mobil. Bentuklah fender mulai dari bentuk dasarnya. Warnai fender tersebut dengan warna abu-abu (50% Gray). Mengapa abu-abu? karena tujuan kita adalah menciptakan pantulan cahaya (putih) dan bayangan (hitam). Sehingga 50% Gray adalah pilihan tepat.
Dan jangan lupa bagian-bagian fender tersebut dibuat pada layer berbeda agar memudahkan anda untuk merubah bentuknya.
*Saran ane, gunakan pen tool karena memudahkan dalam membentuk garis lengkung.
Setelah itu tambahkan lagi beberapa detail. Tambahkan lubang grill, dan lubang udara pada layer baru. Dan jangan lupa untuk menggunakan warna hitam. Namun detail yang anda tambahkan haruslah merupakan bagian yang cukup kontras dengan dasar yang anda buat tadi.
Saatnya burn tool dan dodge tool beraksi.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menerapkan burn/ dodge tool, diantaranya:
range adalah rentang daerah yang diakan diterapkan burn/ dodge:
- Shadows, akan menerapkan hanya pada daerah yang gelap saja.
- Highlights, akan menerapkan hanya pada daerah yang terang saja.
- Midtones, akan menerapkan pada seluruh daerah, gelap maupun terang.
exposure mirip dengan opacity dan flow pada brush biasa.
Ketika menggunakan dodge tool atau burn tool, mulailah dengan range: Midtones, brush yang lebar dan bersisi lembut, dan nilai Exposure kecil misal 26%.
Untuk menghasilkan efek sudut yang tajam seperti yang ditandai pada gambar diatas, silahkan anda lakukan langkah ini:
- tentukanlah suatu titik history.
- terapkan burn/dodge seperti tahap diatas.
- bila perlu, buatlah sebuah seleksi (berupa garis lurus atau lengkung terserah anda)
- gunakan History Brush dengan pilihan brush ber-sisi keras untuk mengembalikannya ke warna semula (anda bisa mulai dengan opacity bernilai kecil untuk melihat perbedaannya).
Spoilerfor CATATAN::
Jam terbang sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan anda capai. Jadi jangan merasa malas untuk terus mencoba.
Quote:lakukan-langkah langkah diatas pada keseluruhan fender yang anda buat, maka kurang lebih hasilnya akan menjadi seperti ini:
untuk memperjelas visualisasi agan terhadap hasil akhir yang bakal di capai, tambahkan sedikit detail di bagian lain, seperti velg yg lebih besar, sticker bengkel, dan hasilnya...
Sekian tutorial dari ane gan, semoga bermanfaat buat yang mau modif tapi belum punya duit
sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/51250b6e0c75b4c77a000005/yuk-modifikasi-exterior-mobil-secara-digital
Gadis Cantik News
Published:
2013-03-10T17:33:00+07:00
Title:Yuk, Modifikasi Exterior Mobil Secara Digital !
Rating:
5 On
22 reviews